--> Skip to main content

Pengertian Google Dork, Jenis dan Fungsinya


Dalam dunia Hacking sering kita jumpai istilah Google Dork, sebenernya apasih Google Dork?

Google Dork adalah teknik hacking yang memanfaatkan sebuah mesin pencari atau bisa disebut dengan search engine seperti Google, Bing, dan lain-lain.

Kalo bagi pemula penggunaan google memang sangat membantu dalam kegiatan belajar hacking atau deface.

Nah, berikut ini ada beberapa type google dork diantaranya..

1. Inurl: yang berarti "In-URL" atau "dalam url" kegunaanya sebagai untuk mencari website yang di url-nya terdapat suatu string atau kata yang kita masukan.

Contoh: inurl: .com maka nanti yang akan muncul adalah situs-situs yang di urlnya mengandung ".com".

2. Intitle: yang berarti "In Title" atau "dalam judul" fungsinya untuk mencari situs yang artikelnya memuat judul sesuai apa yang kita inginkan.

Contoh: intitle:"powered by" nanti hasilnya situs yang judul postnya mengandung kata "powered by" akan muncul.

3. Intext: berarti "In Text" atau "dalam teks" dan bisa diartikan lebih universal(umum).

Contoh: intext:"hacker" di kotak pencarian google maka yang muncul adalah situs yang mengandung kata "hacker" entah itu di url, judul, dll. Semua yang mengandung kata "hacker" nanti ditampilkan.

4. Filetype: yang berarti "File Type" atau "tipe file" yang ini biasanya jarang dipakai untuk hacking, karena biasanya perintah ini untuk mendowload file dengan lebih spesifik sesuai kebutuhan kita seperti kalau kita sedang mencari lagu atau ebook.

Contoh: intext:"sql injection" filetype:pdf maka hasilnya yang keluar adalah sekumpulan file pdf siap download dan karena gw kasih intext:"sql injection" maka munculnya yang mengandung kata-kata atau bertopik tentang "sql injection".

5. Site: Berfungsi untuk mencari (Country Domain) situs yang kita tentukan, perintah ini juga sering digunakan sama hacker untuk menentukan situs negara mana yang pengen dia bobol atau deface dengan memasukan domain negaranya.

Misalnya anda mau mencari web Indonesia maka dork yang harus anda buat kurang lebih seperti ini intext: site:.id maka yang tampil akan seperti ini akan muncul yang mengandung domain ".id"

Sebenarnya ga harus ".id" kalian bisa mengembangkannya sesuai imajinasi kalian, ini hanya contoh saja.

6. Link: Fungsinya digunakan untuk mencari keseluruhan link yang berada dalam satu website. Karena gw kurang begitu paham jadi yang dimaksud adalah kumpulan link "yang biasanya berwarna biru dan jika diklik akan membawa kita ke situs yang dimaksud" yang ada dalam satu website tersebut.

Contoh: "Pengertian Sql Injection"

Demikian untuk artikel kali ini, sekian dan gunakan dengan hal yang bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar